Seberapa Hebat Moge Maut Ari Wibowo

Ducati Multistrada 1200
Charmadi, kakek berusia 80 tahun yang menjadi korban kecelakaan motor gede (moge) yang dikendarai Ari Wibowo, Senin lalu, meninggal dunia Rabu malam, 12 Juni 2013.

Diketahui, aktor Ari Wibowo saat kejadian menggunakan Ducati Multistrada 1200 Touring keluaran 2012. Nahas, Ari yang tengah memacu moge asal Italia di Jalan Wolter Monginsidi, Jakarta Selatan, kaget dan telat merespons untuk mengerem. Akibatnya, moge yang dikendarainya menyenggol Charmadi, petugas kebersihan, di Kebayoran Baru.

Korban kemudian dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Pertamina. Kondisinya sempat dikabarkan menurun usai operasi selama lima jam, hingga akhirnya nyawanya tidak tertolong.

Jika dilihat dari moge yang digunakan Ari, tentu Ducati Multistrada 1200 bukan sembarang motor. Ya, varian yang dibanderol Rp470 juta itu dilengkapi fitur canggih serta mesin bertenaga besar.

Motor dengan tongkrongan garang itu dibekali teknologi canggih seperti riding mode, dapat mengatur tenaga dan tinggi suspensi. Ada juga fitur ABS, di mana daya cengkeram rem lebih pakem, karena gejala selip bisa dicegah.

Untuk urusan dapur pacu, moge ini mengusung mesin 2 silinder, 1.198 cc berteknologi Desmodromic, busi ganda dan berpendingin air. Tenaga yang dihasilkan cukup dahsyat hingga 150 hp pada 9.250 rpm dan torsi 118,7 Nm pada 7.500 rpm.

Tenaga super besar itu bisa diubah sesuai kebutuhan pengendara, melalui empat pilihan mode Sport, Turing, Enduro, dan Urban. Untuk mode Urban dan Enduro, tenaga dibatasi sampai 100 PS –biasanya saat digunakan untuk jarak dekat atau perkotaan.

Soal kecepatan, Ducati New Multistrada 1200 dapat melesat hingga 285 km/jam. (art)

Leave a Reply